Peran WhatsApp Verified untuk Menjaga Keamanan Transaksi dan Berbisnis

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 20 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - WhatsApp Verified. Shutterstrock

"Baca artikel ini untuk mendapatkan panduan lengkap tentang peran WhatsApp verified dalam menjaga dan memastikan transaksi dan bisnis yang aman untuk bisnis Anda"

Dalam era digital yang semakin maju, keamanan transaksi dan komunikasi bisnis menjadi prioritas utama bagi perusahaan. WhatsApp Verified hadir sebagai solusi inovatif untuk menjaga keamanan dan kepercayaan dalam berbisnis. Dengan fitur verifikasi yang memastikan identitas bisnis Anda, WhatsApp Verified tidak hanya melindungi dari penipuan tetapi juga meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan. Artikel ini akan membahas peran penting WhatsApp Verified dalam menjaga keamanan transaksi dan membangun reputasi bisnis yang terpercaya.

Apa yang Dimaksud dengan WhatsApp Verified?

Akun WhatsApp verified adalah akun WhatsApp Business yang telah melewati proses verifikasi resmi oleh Meta. Dengan adanya verifikasi ini, pelanggan dapat dengan mudah membedakan antara akun WhatsApp Business resmi dan yang tidak resmi. Hal ini memastikan bahwa interaksi antara kedua belah pihak dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa kendala.

Peran WhatsApp Verified untuk Keamanan Bisnis

  • Peningkatan Kredibilitas

WhatsApp verified memungkinkan brand untuk meyakinkan pelanggan bahwa akun yang dimiliki bisnis termasuk pada entitas yang otentik dan terpercaya, sehingga risiko penipuan dapat berkurang.

  • Mencegah Peniruan

Proses verifikasi yang diperlukan untuk mendapatkan WhatsApp verified terbilang cukup panjang dan memerlukan berbagai persyaratan. Sehingga, kasus penipuan yang mengatasnamakan bisnis tertentu dapat berkurang dan sulit untuk dilakukan.

  • Enkripsi End-to-End

WhatsApp verified memungkinkan perusahaan untuk memiliki enkripsi end-to-end. Hal ini mengacu pada pesan yang hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju, sehingga komunikasi bersifat pribadi, aman, dan tidak dapat disadap oleh pihak lain. 

  • Pencegahan Phishing

Phishing adalah penipuan yang bertujuan untuk meminta informasi personal pelanggan, seperti passwords, nomor kartu kredit, atau data sensitif lainnya. Dengan adanya WhatsApp verified, kemungkinan terjadinya penipuan phishing akan lebih kecil. Hal ini disebabkan oleh pelanggan yang menjalani komunikasi hanya dengan bisnis yang otentik dan sudah terverifikasi oleh Meta.

  • Kelengkapan Profil Bisnis

Untuk melalui verifikasi, pebisnis perlu melengkapi profil bisnis, seperti informasi kontak, alamat, dan situs web. Bisnis dapat menampilkan informasi yang terverifikasi dan akurat kepada publik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggannya. 

  • Pelaporan dan Pemblokiran

WhatsApp menyediakan fasilitas yang memudahkan pelanggan untuk melaporkan dan memblokir akun yang mencurigakan atau berpotensi menjalankan penipuan. Akan tetapi, dengan menggunakan WhatsApp verified, tindakan ini tidak perlu dilakukan, dikarenakan WhatsApp verified sudah terjamin keasliannya oleh Meta.

  • Kepatuhan Terhadap Regulasi

Bisnis yang sudah memiliki akun WhatsApp verified cenderung selalu mematuhi peraturan dan perlindungan data. Sehingga, informasi pribadi pelanggan dapat ditangani dan tersimpan dengan aman dan bertanggung jawab.

  • Autentikasi Dua Faktor

WhatsApp verified menjalankan autentifikasi dua faktor, yaitu fitur keamanan yang berupa penambahan lapisan perlindungan. Sehingga, tidak hanya membutuhkan kata sandi atau PIN, akan tetapi juga informasi tambahan yang hanya dimiliki oleh pengguna.

Baca Juga: WhatsApp Verified dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan 

Cara Mengajukan WhatsApp Verified

  • Mendaftarkan Bisnis pada WhatsApp Business API

Anda dapat mendaftarkan bisnis pada WhatsApp Business API melalui Meta atau melalui bantuan WhatsApp Business Provider.

  • Melengkapi Dokumen Persyaratan

Setelah memiliki akun API, Anda dapat menyediakan dokumen, seperti lisensi bisnis, bukti alamat bisnis, akta perusahaan, Nomor Induk Berusaha (NIB), NPWP, dan dokumen lainnya.

  • Verifikasi Akun Bisnis Facebook

Selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun WhatsApp Business API melalui pengaturan di Facebook. Buka pengaturan bisnis, pilih WhatsApp Accounts > Settings > WhatsApp Manager, lalu klik verifikasi bisnis untuk melanjutkan proses.

  • Mengisi Informasi Bisnis

Anda juga perlu melengkapi informasi bisnis seperti nama usaha, alamat lengkap, serta detail kontak perusahaan atau institusi terkait.

  • Menunggu Persetujuan

Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, Anda perlu menunggu sekitar 5 hingga 7 hari kerja. Jika pengajuan disetujui, tanda centang hijau atau verifikasi akun akan otomatis muncul di akun WhatsApp Business.

Baca Juga: WhatsApp Verified dan Perannya dalam Memerangi Penipuan Online 

Ajukan WhatsApp Verified untuk Bisnis Anda dengan Bantuan Ivosights!

Apabila Anda tertarik memiliki akun WhatsApp verified, Anda dapat mendaftarkannya melalui Ivosights. Ivosights adalah WhatsApp Business Solution Provider dan mitra resmi API WhatsApp Business di Indonesia, yang menawarkan perhitungan jelas dan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Proses registrasi API WhatsApp Business di Ivosights membutuhkan waktu 5-7 hari kerja, dan 2-3 hari kerja tambahan untuk pendaftaran nomor serta nama tampilan resmi WhatsApp Business. API WhatsApp Business yang ditawarkan oleh Ivosights dilengkapi dengan dasbor yang komprehensif untuk pengiriman pesan, serta dasbor integrasi CRM dengan fitur laporan yang lengkap. Segera hubungi Ivosights untuk memulai langkah pertama menuju kesuksesan bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami